Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cara mudah mempercantik blog wordpress

1. Tentukan theme atau template yang cocok dengan isi situs (blog) agan.

Tentukan theme atau template yang cocok dengan isi situs (blog) agan. Contoh situs (blog) agan untuk catatan pribadi, curhat, sharing informasi dapat memilih theme yang menonjolkan catatan. Apabila untuk situs (blog) usaha dapat menentukan yang ada banyak space iklan, namun janganlah lsampai lupa bahwa isi kontent juga mesti terlihat menonjol. Cara untuk merubah theme blog agan, silahkan masuk ke akun wordpress agan -> appearance -> theme.

2. Menambahkan plugin

Apabila agan pingin mempercantik penampilan blog wordpress, agan dapat dengan mudah menambahkan plugin. Cocokkan dengan keperluan serta penampilan, misalnya agan ingin memakai “bola” tags serta categories, pakai plugin wp-cumullus. atau ingin memberikan tab pages sendiri pakai plugin dtabs. Untuk menambah atau menentukan plugin, agan dapat pergi ke menu plugin dengan cara klik plugins -> add new. Sesudah itu tinggal di installl serta diedit.

3. Menambahkan widget

Di appearance agan dapat mendapatkan pilihan widget dibawahnya, nah disanalah agan dapat mempercantik penampilan blog wordpress dengan cara memasukan backlink, status yahoo messenger atau box chat juga boleh. Bila agan ingin memberikan widget di sidebar, caranya tinggal klik widget yang agan kehendaki. Bila di widget tidak ada pilihannya, silahkan pilih text-add serta masukkan kode html-nya.

4. Mempercantik penampilan blog dengan gambar.

Agan dapat memasukkan gambar disaat membuat artikel atau dengan menyimpan poto agan di sidebar untuk informasi data diri agan. Tetapi janganlah terlalu banyak menampilkan perhiasan di sidebar yang akhirnya akan membuat loading blog agan terasa lama jika ada orang lain mengunjungi blog agan.


Apa itu seo blog?

SEO (Search Engine Opimization) adalah langkah-langkah optimasi situs sehingga dapat ditampilkan di deretan pertama pada suatu mesin pencari. intinya yaitu jika seseorang mengetikkan kata kunci pencarian pada kotak mesin pencari layaknya di google, yahoo, ataupun msn maka alamat blog kita dapat tampil di halaman pertama pencarian dengan syarat kata kunci tersebut ada pada blog kita.

SEO ( search engine opimization ) adalah suatu ilmu yang mengkaji langkah-langkah agar suatu situs/blog dapat terlacak atau terindex oleh mesin pencari layaknya google, yahoo, msn dan banyak mesin pencari lainnya di dunia internet.

Search engine atau mesin pencari adalaah seperti halnya sebuah majalah tempat mencari sebuah berita atau iklan, ane menjelaskan dengan langkah basic begini pasti dengan tujuan senantiasa mengingatkan terlebih beberapa pemula bahwa seluruh langkah atau sistem didalam bertindak SEO seperti halnya penerapan saat media konvensional tadi, seluruhnya dapat bermain, dari sistem pendaftaran, mutu kontent, juga termasuk factor komersil. Dan juga seperti halnya majalah/koran tadi, setiap mesin pencari mempunyai kebijaksanaan serta aturan main yang berlainan saat mengatur semua kontent yang masuk atau didalam arti bahasa program mesin pencari yaitu algoritm ( algoritma ) seringkali berubah-ubah.

Optimization jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu sistem yang optimal atau sistem yang maksimal, serta disinilah awal mula sebuah sistem SEO diawali, di kembangkan, serta di sempurnakan. Seluruh tehnik, pengetahuan, pengalaman di kerahkan dalam rencana menaklukan search engine, agar kontent dari sebuah blog mencapai nomor satu di halaman mesin pencari.

SEO pada awal perubahannya merupakan suatu hal yang di kerjakan oleh sekelompok orang yang cukup mahir serta menguasai seluk-beluk masalah pemograman serta server layaknya beberapa webmaster maupun blogger yang memiliki pengalaman serta mahir didalam bidang itu, contohnya penguasaan script php, html, css, dan yang lainnya. Namun saat ini bersamaan dengan evolusi perubahan teknologi seluruh perihal yang terkait dengan SEO sudah jadi lebih gampang serta praktis untuk dapat di mengerti serta di kerjakan oleh siapa saja, yakni dengan semakin mudahnya memperoleh tutorial untuk studi juga semakin banyaknya tools yang mempermudah seluruh pekerjaan-seo serta perihal yang terkait layaknya rss maupun fasilitas-fasilitas link building dan search engine submisions.

Nah sampai disini apakah agan sudah mengerti tentang apa itu seo blog? jika masih kurang, silahkan pergi ke salah satu postingan ane tentang cara meningkatkan SEO blog. Semoga ini dapat bermanfaat bagi agan yang sedang belajr SEO.


Cara mengganti header blog wordpress

Cara mengganti header blog wordpress – Rasanya tidaklah menarik jika header blog di wordpress terlihat polos hanya ada judul blog saja. Adakah cara mengganti header blog wordpress ? Ya..tentu ada, kita hanya perlu mempersiapkan gambar untuk menggantinya, langkah ini sangatlah mudah seperti halnya kita mengganti tema blog wordpress.

Gambar di header blog merupakan sesuatu yang penting dalam blog kita. Dengan adanya gambar header, maka sepintas dapat menunjukkan isi dari blog kita dan dapat menarik pangunjung untuk tahu lebih dalam tentang isi suatu blog.

Inilah cara mengganti header blog wordpress

1. Masuk ke akun wordpress agan

2. Klik [Appearance] > [Header].


3. Pada halaman ‘Upload New Header Image’, klik tombol [Browse…] untuk mengambil gambar header yang sudah agan siapkan di komputer agan.


4. Jika gambar header sudah ada, klik tombol [Upload].

5. Potong gambar jika dirasa gambar header terlalu besar dengan cara klik tombol ‘Crop and Publish’.


6. Jika agan sudah berhasil melakukan proses upload, akan ada halaman pemberitahuan ‘Header complete!’ dan untuk melihat hasilnya silahkan pergi ke halaman home page agan.

 

Cukup mudah bukan untuk cara mengganti header blog wordpress? semoga ini dapat bermanfaat dan untuk hasil yang lebih maksimal silahkan agan berkreasi sendiri dengan cara menentukan gambar yang lebih serasi dengan blog agan.


Cara mengganti tema blog wordpress

Cara mengganti tema blog wordpress – Apakah agan merasa jenuh dengan penampilan blog agan yang sekarang? Ingin mengganti tapi tidak tahu caranya ? Agan datang ke tempat yang tepat, disini ane akan berbagi tips cara mengganti tema blog wordpress tetapi bukan blog wordpress self host yang mempunyai hosting sendiri melainkan blog gratisan di wordpress.com.

Setelah kemarin kita berbicara tentang cara membuat halaman page inilah saatnya kita mengungkap rahasia cara mengganti tema blog wordpress. Kita semua juga tahu di saat pertama kali kita membuat blog di wordpress.com, secara default tema yang kita gunakan adalah theme ‘P2‘ by Automattic. Jika agan merasa konsep tema tersebut tidak sesuai dengan selera agan, maka dengan mudah agan bisa menggantinya dengan pilihan tema wordpress yang sangat menarik dan beragam.

Berikut adalah cara mengganti tema blog wordpress

1. Masuk ke akun wordpress agan .


2. Klik menu [Appearance] > [Themes].

3. Akan ada halaman ‘Manage Themes’,pilihlah tema yang sesuai keinginan agan.

4. Jika agan sudah menemukan tema yang agan inginkan, klik [Preview].

5. Akan ada halaman ‘Activate Theme’, bila agan merasa yakin dengan tema pilihan agan maka klik link [Activate "nama theme"] yang ada di sebelah kanan atas.


6. Dan sebaliknya jika agan ingin membatalkannya, silahkan klik tanda [ X ] pada pojok kiri atas.


Mungkin itu saja sedikit tips tentang cara mengganti tema blog wordpress semoga postingan ini bermanfaat bila mana agan sebagai nawbi yang baru belajar mendapat kesulitan, silahkan hubungi ane melalui form di bawah mudah-mudahan ane bisa membantu.

CARA MEMBUAT BLOG DI BLOGGER

Membuat blog di blogger.com sangatlah mudah.


Sekarang saya akan tunjukan cara untuk membuat sebuah account baru di blogger.com, yang 100% gratis. Saya merekomendasikan anda untuk membuat blog di blogger.com karena program ini sangat didukung penuh oleh google
, sehingga apabila kita membuat blog disini maka google akan cepat mengindeks blog kita. Alhasil blog kita akan muncul dihalaman pencari google.


  • LANGKAH KE-1 (GETTING STARTED)


Silahkan anda kunjungi website www2.blogger.com

  • LANGKAH KE-2 (CREATE AN ACCOUNT)


Setelah page terbuka, silahkan anda klik CREATE AN ACCOUNT setelah anda klik, maka akan muncul form untuk mengisikan nama dan password. Silahkan isi dan anda harus selalu ingat username dan password yang anda isikan.

Jangan lupa untuk menceklist Term of service agreement.
Kemudian klik tombol panah "Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-3


  • LANGKAH KE-3 (NAME YOUR BLOG)


Bagian ini sangat penting, karena nama dari blog anda nantinya akan menjadi sebuah keyword.
TIPS: agar blog anda mudah terindex oleh search engine(mesin pencari), maka alangkah lebih bagusnya jika anda membuat sebuah kesamaan antara addres dan name dari blog anda!
Sekarang klik tombol panah ORANGE"Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-4


  • LANGKAH KE-4 (CHOOSE YOUR BLOG TEMLATE)


Sekarang anda haya tinggal selangkah lagi untuk mempunyai webblog buatan sendiri!!!
Disini anda ditujukan untuk memilih warna dan bentuk dari web anda. Silahkan pilih sesuai dengan topic dan selera anda.
OK jika anda sudah selesai memilih template, sekarang kita akan lanjut ke langkah berikutnya.
Sekarang klik tombol panah ORANGE"Continue" untuk melanjutkan ke langkah ke-5


  • LANGKAH KE-5 (GENERATE YOUR BLOG)


Sekarang blogger akan menciptakan blog anda. Setelah blog selesai dibuat, maka di browser anda akan ada tulisan "Your Blog Has Beeb Created" Klik start Posting untuk untuk membuat artikel/tulisan pertamamu.

CARA MEMASANG FOTO DI BLOG


Ada dua cara memasukkan foto :

CARA KEDUA ::

Upload foto Anda di postingan blog. Caranya:

 
(a) Setelah login, klik link blog Anda.
(b) Klik menu "posting" atau "Create"
(c) Di toolbar posting ada tombol bergambar panorama warna biru. Klik
di situ, dan akan muncul pop-up window untuk "upload images"
(d) Klik browse ke file foto Anda yg sudah tersimpan di komputer
(e) Klik Upload Image warna biru (tunggu beberapa saat sampai proses
upload selesai)
(f) Klik Done

(g) Sekarang foto Anda sudah masuk ke posting. Klik menu "Edit HTML"
di toolbar posting bagian atas sebelah kanan.
(h) Akan tampak sejumlah kode HTML di situ. Copy/paste kode yg berada
setelah tulisan [src="] yaitu link yg dimulai dg [http://] dan
berakhir dg [.jpg] atau [.jpeg]
(i) Simpan link tsb. di notepad atau ditulis di kertas.
(j) Jangan lupa, klik publish.
(k) Setelah itu, klik menu "Dashboard"
(l) Klik menu "Edit Profile"
(m) Di sini ada menu "Photo URL", paste link foto Anda tadi di kotak
yg tersedia.
(n) Klik "Save Profile" di bagian paling bawah.
(o) Selesai.

CARA KEDUA ::

Cara kedua adalah dg meng-upload (memasukkan/menyimpan) foto Anda di hosting lain, dan baru kemudian link URL foto tsb. di copy/paste ke profile blogger/blogspot.

Yg paling mudah, simpan/upload foto Anda di http://geocities.com karena hosting ini milik yahoo.com. Jadi, siapa saja yg memiliki email yahoo dapat langsung log-in ke geocities.com dg memakai id yahoo Anda.

Misalkan file foto Anda adalah jenggot.jpg dan email id Anda mukhliszamzami. Maka, nantinya setelah foto itu diupload ke geocities, link url Anda akan menjadi sebagai berikut: http://geocities.com/mukhliszamzami/jenggot.jpg. Nah, copy/paste link
tsb. ke profile blogger.com di kolom yg tersedia dan setelah itu SAVE
CHANGES dan REPUBLISH.


Membuat Google Adsense

Mari kita membuat Google Adsense

 

Langkah ini menuntun anda membuat Google Adsense

  1. Saya asumsikan anda sudah punya akun Google. Sekarang masuk ke Akun Google anda kemudian di bawah Produk saya, klik Adsense (pertama dalam daftar)

  2. Di windows Google Adsense yang muncul, klik Adsense Setup untuk mensetup Google adsense anda

  3. Di bagian Adsense Setup, klik Adsense for Content. Ini adalah satu jenis adsense. Ini yang paling banyak dimanfaatkan oleh orang. Adsense yang lain adalah adsense untuk Search (fasilitas pencarian), adsense untuk Feeds, dan adsense untuk Referral.

  4. Muncul Wizard untuk Adsense for Content. Aktifkan Single page supaya gampang karena tampilan menjadi satu halaman saja, artinya tidak perlu terlalu banyak mengklik.

  5. Di bawah Choose Ad Type coba anda pilih Text ad only pada kotak Ad unit. Ini akan memilih adsense dalam teks saja, karena adanya untuk gambar saja (Image) atau kedua-duanya.

  6. Choose Ad Format and Colors - Coba anda pilih 160x600 Wide Skycrapper di kotak Format. Biarkan aja dulu yang lain, yaitu Color, Font, Corner Style dan More options

  7. Biarkan Choose Ad channels

  8. Di bagian Save and Get Code Tambahkan nama yang unik di kotak Ad unit name untuk memudahkan anda nantinya melakukan penelurusan mengenai jumlah klik yang dihasilkannya (istilahnya tracking). Setelah itu tekan Submit and Get Code

  9. Klik kanan di kotak kode Adsense anda, dan Copy lalu paste kan di notepad dan simpan.] 

Memasang Template Blogger

Langkah-langkah untuk memulai memasang/ mengganti templet di blogger.com adalah sebagai berikut:


1. LogIn/ masuk ke akun Blogger milik anda.


2. Apabila sudah sampai di halaman Dasbor, Klik Tata Letak.


3. Dan sekarang anda telah masuk di halaman Tata Letak, silahkan untuk meng-klik Edit HTML untuk memulai memasang/ mengganti templet.


4. Selanjutnya, klik Download Template Lengkap. hal ini dilakukan untuk menghindari kegagalan dalam memasang templet baru. Jadi kalau hal tersebut terjadi, maka tidak akan menjadi masalah karena anda telah menyimpan Back-Up/ cadangannya.


5. Selanjutnya Klik Kotak Expand Template Widget, yang bertujuan agar proses peng-upload-an menjadi lebih lancar.


6. Kemudian Klik tombol Browse, untuk mengambil templet blog baru anda di Komputer anda yang kemudian diikuti dengan mengklik tombol Unggah untuk memulai proses peng-upload-an.


"Tunggu Beberapa saat sampai proses pengunggahan telah selesai..."


7. Apabila proses pengunggahan telah selesai, silahkan untuk meng-klik tombol Simpan Template.


8. Selesai.



Nb:


Untuk mencari templet, teman-teman bisa mengunjungi website-website yang menyediakan templet gratis untuk blogger.com berikut ini:


1. www.blogspottemplate.com


Menyediakan lebih dari 80 template gratis buat blogger, dijamin gak nyesel. Dan di sana nantinya anda bisa men-download template tersebut secara cuma2 alias gratis.


2. www.blogtemplate4u.com


Menyediakan template blogger gratis untuk anda, tersedia banyak pilihan seperti template jenis apa yang anda inginkan. Selain itu anda juga bisa memilih jumlah kolom (template berkolom) dan di web ini tersedia 2-4 kolom (template berbasis kolom), dan masih banyak lagi pilihan2 dan kategori2 lainnya. Bikinan org Indo lho...itu lho yang familiar. Kang Rohman, tahu kan?


3. www.btemplates.com


Situs ini menyediakan template dengan kategori komplit. Banyak macamnya juga, yang berkolom, juga ada yang berbasis Magazine, Elegant Style dan juga sekarang sudah banyak template dengan versi Web 2.0. Pokoknya gak nyesal dah.


4. www.themelib.com


Kalau yang ini menyediakan template yang unik lho. Ya...seperti template i-phone, dengan kata lain nanti tampilannya kayak i-phone. Selain itu di themelib juga menyediakan beberapa tutorial mengenai Blog.


5. www.eblog-templates.com


Menyediakan jumlah template yang tidak kalah dengan yang lainnya juga. Selain itu di eblog-templates.com anda bisa mengikuti program afiliasi penjualan template yang ditawarkan oleh pihak eblog-templates.com, ini kesempatan lho...buat nambah2 sangu hehehe


6. www.pyzam.com


Template yang disediakan memiliki warna yang segar/ fresh, pokoknya warnanya bagus2 dah. Yaaa...dengan kata lain ahli dalam memadukan warna.


7. www.blogcatalog.com


Kalau yang ini anda pasti akan tertarik dengan gaya templatenya. Juga sudah tersedia template yang secara otomatis membuat tulisan anda menjadi Read More... lho, tertarikkan? nih contohnya: klik.


8. www.finalsense.com

Situs ini gak kalah pentingnya juga lho, memiliki bentuk2 template yang unik. Mungkin anda ingin memiliki blog yang bentuknya laptop, ya' templatenya ada di situs ini, buruan.


Untuk selebihnya teman-teman bisa mencari templet gratisan lainnya. Untuk mempermudah pencarian, teman-teman bisa menggunakan jasa Om

Google. Cukup sekian...


Semoga Bermanfaat  

 

Cara memasang memasang adsense di postingan

Ini cara terbaik memasang Google adsense di blog blogger


Orang bilang memasang adsense di postingan sangat menguntungkan dan paling banyak mendapatkan klik. Anda ingin adsense itu diklik pengunjung blog anda, bukan?!


  • 1Copy kode Google adsense anda (kode yang dikasih oleh Google) 

  • 2Kode tersebut harus di-parse terlebih dahulu. Banyak website yang menyediakan layanan parse ini. Contohnya adalah adalah Blogcrowds yang selalu saya gunakan.

  • 3Di Blogcrowds, paste kan kode adsense anda kemudian klik Parse

  • 4Tunggu hasilnya, yaitu kode yang sudah diparse. Kopi kode tersebut (yang sudah diparse). Ini nanti yang akan disisipkan di html template blog anda.

  • 5Jadi sekarang ke Blogger lagi dan ke html template blog anda

  • 6Centang Expand Widget

  • 7Cari kode berikut (gunakan Ctrl+F):

    <div class='post-header'>
    <div class='post-header-line-1'/>
    </div>

  • 8Pas di bawah kode di atas, sisipkan kode adsense anda. Ini akan menampilkan adsense persis di bawah judul postingan. Sebaiknya kode tersebut diapit dengan kode berikut kalau mau di samping konten, yaitu pas di bagian awal konten. Kalau mau di bawah judul postingan tapi berada di atas konten postingan, tidak usah memakai kode ini alias langsung saja sisipkan kode adsense yang sudah diparse tadi.

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar